25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  hilmanelric on Thu Jul 30, 2009 1:31 am

APEL dan PIR
Apel dan Pir adalah buah-buahan umum yang sering dianggap remeh ketika kita mencari rasa baru yang eksotis. Sesungguhnya, Apel dan Pir dipenuhi dengan vitamin dan mineral penting serta mempunyai efek antioksidan yang bermanfaat.
Manfaat :
v Menurunkan kolesterol
v Membersihakan sistem pencernaan
v Memberikan banyak vitamin dan mineral, khususnya beta-karoten, vitamin C, asam folat, kalsium, magnesium, yodium, fosfor, dan potasium.
v Merangsang fungsi kelenjar tiroid (buah pir)
v Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
v Mengurangi radang
v Meningkatkan tenaga

PISANG
Selain lezat, Pisang juga merupakan sumber gizi dan energi. Pisang adalah makanan kecil yang ideal sepanjang hari jika energi tubuh mulai menurun. Pisang juga dapat memenuhi selera kita untuk memakan yang manis-manis dengan cara yang sehat.
Manfaat :
v Memberi energi
v Zat pembunuh kuman alami
v Sumber serat yang baik
v Efek pembersihan
v Memiliki efek obat penenang

POLONG-POLONGAN dan LENTIL ( KACANG-KACANGAN )
Keluarga makanan yang beragam dan bergizi ini meliputi lentil merah, hijau, dan cokelat; kacang merah, putih, dan hitam; kacang panjang dan haricot; aduki, dan flageolet; kacang black-eyed; kacang hijau dan kacang mentega. Kacang kedelai dan turunannya akan dibahas secara terpisah pada KEDELAI dan TAHU.
Manfaat :
v Meningkatkan kesehatan usus
v Mengurangi gejala menopause, PMS, dan risiko fibroid
v Menurunkan risiko kanker payudara
v Menurunkan kolesterol
v Menghilangkan batu ginjal
v Meredakan radang sendi rematik

BIT
Saat ini Bit telah menjadi favorit dalam dunia sayuran. Sebelumnya, Bit hanya digunakan untuk acar botolan yang direndam dalam gula dan cuka serta bersembunyi di belakang lemari dapur. Kini, sayuran tersebut mengalami kebangkitan ketika mulai dijual di rak-rak supermarket.
Manfaat :
v Membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh
v Memperkuat sistem peredaran darah dan sistem kekebalan
v Memperkuat fungsi darah dan mengatasi anemia
v Melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal
v Memberi tenaga dan menyeimbangkan tubuh

macam – macam BERRY
Pada musim panas di negara-negara Barat, berbagai jenis berry melimpah, seperti strawberry, raspberry, blackberry ; blueberry, blackcurrant, dan redcurrant yang sangat baik untuk mempertahankan kekebalan tubuh.
Manfaat :
v Kandungan seratnya baik bagi kesehatan pencernaan
v Kandungan antioksidannya yang tinggi melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit
v Membantu pembaruan sel
v Blackcurrant, blackberry, redcurrant, dan blueberry dapat membersihkan dan memperlancar peredaran darah
v Cranberry bermanfaat untuk mengatasi infeksi ginjal, serta infeksi kandung kemih, dan saluran kamih
v Blackcurrant bermanfaat untuk mengobati infeksi saluran pernapasan

BROKOLI
Brokoli merupakan sayuran yang sangat ajaib. Brokoli adalah sumber antioksidan yang tinggi protein. Kandungan seratnya separuh dari roti gandum, tetapi kandungan kalorinya hanya sepersepuluh.
Manfaat :
v Melawan kanker usus
v Melindungi sistem kekebalan tubuh
v Mendetoksifikasi sistem tubuh yang berhubungan dengan pencernaan dan hati
v Melindungi calon bayi dari risiko spina bifida
v Memperbaiki suasana hati
v Meningkatkan kesehatan kulit

KUBIS
Ada tiga jenis utama kubis, yaitu kubis hijau, putih, dan merah. Semuanya merupakan antioksidan yang sangat kuat. Kubis dipercaya mampu melawan kanker. Konsentrasi zat gizi yang paling tinggi terdapat dalam kubis hijau.
Manfaat :
v Mempunyai kandungan antikanker
v Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
v Melawan bakteri
v Memperbaiki kondisi kulit
v Memperkuat organ hati dan sistem pencernaan
v Membantu fungsi pencernaan
v Menyembuhkan luka pada perut

WORTEL
Wortel adalah salah satu makanan detoksifikasi yang dapat membersihkan dan mengatur ketidakseimbangan dalam tubuh. Manfaat wortel yang dipercaya dapat meningkatkan kemampuan penglihatan juga mungkin terbukti benar.
Manfaat :
v Menurunkan risiko kanker
v Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
v Mengatasi masalah pencernaan dan saluran pernapasan
v Membantu menyembuhkan luka
v Memperkuat tulang, rambut, dan gigi
v Bermanfaat untuk wanita yang sedang menyusui
v Memperbaiki kondisi kulit
v Membuang racun dalam organ hati
v Mendorong pembentukan sel darah, serta meningkatkan kesehatan jantung dan peredaran darah

HEWAN BURUAN ( game )
Istilah game mengacu kepada berbagai jenis hewan dan burung yang hidup di alam liar. Tidak seperti hewan ternak, hewan-hewan ini tidak dipelihara dengan antibiotik atau suplemen pertumbuhan.
Manfaat :
v Memperbaiki dan memperbarui sel
v Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
v Mencegah kekurangan sel darah merah
v Meningkatkan kekuatan jaringan

BAWANG PUTIH
Bawang putih mempunyai banyak khasiat. Bawang putih berperan sebagai anti biotik alami yang dapat menghentikan berbagai macam infeksi pada saluran tubuh. Bawang putih juga dapat menurunkan kolesterol, melindungi jantung, dan membantu menciptakan peredaran darah yang baik. Bawang bomby juga mempunyai khasiat yang serupa dengan bawang putih meskipun lebih sedikit.
Manfaat :
v Melawan pilek dan infeksi karena virus
v Merupakan antibiotik alami
v Membantu memperlancar peredaran darah
v Menurunkan kolesterol
v Memperkuat dan membersihkan hati
v Melawan parasit
v Memperkuat sistem kekebalan tubuh
v Menurunkan tekanan darah tinggi

MADU
Madu dua kali lebih manis daripada gula. Selain manis dan nikmat, madu juga mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Medu merupakan pencegah infeksi serta obat yang terkenal untuk pilek, batuk, dan sakit tenggorokan. Meskipun demikian, sebaiknya madu tidak dikonsumsi berlebihan karena barkadar kalori tinggi dan dapat menyebabkan kerusakan gigi, seperti halnya gula.
Manfaat :
v Melawan bakteri
v Menghasilkan energi
v Mempertahankan sistem kekebalan tubuh
v Meredakan batuk, pilek, dan infeksi saluran pernapasan

MANGGA dan PEPAYA
Buah-buahan tropis yang lezat ini mengandung antioksidan kuat dan zat pendetoksifikasi seluruh sistem tubuh. Keduanya sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan, serta untuk kulit dan kuku.
Manfaat :
v Merupakan antioksidan yang kuat
v Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh
v Merupakan antikanker
v Memperbaiki kondisi kulit dan kuku
v Memperlancar sistem pencernaan
v Meningkatkan energi

KACANG – KACANGAN
Kacang-kacangan cenderung berkalori tinggi seperti madu. Meskipun demikian, sayang jika kacang dihilangkan dari menu makan kita karena manfaatnya besar bagi kesehatan. Kacang-kacangan mengandung protein sehingga ideal bagi vegetarian dan orang yang tidak memakan daging, ikan, atau prosuk susu. Contoh kacang-kacangan yang paling bergizi adalah kacang mete, walnut, kacang cemara, hazelnut, kanari, dan kelapa.
Manfaat :
v Melindungi tubuh dari penyakit jantung
v Menurunkan kadar kolesterol
v Memperkuat tulang, gigi, dan rambut
v Mengurangi gejala PMS dan menopause
v Membangkitkan energi
v Meningkatkan sel darah dan mencegah kekurangan sel darah merah

OAT
Oat adalah salah satu jenis gandum yang paling bergizi. Oat sering kali masih dapat dikonsumsi oleh orang yang menderita alergi terhadap gandung. Oat dalam bentuk serpihan dan gulungan biasanya tidak melewati proses penyulingan sehingga masih merupakan makanan utuh yang tidak kehilangan kekayaan gizinya.
Manfaat :
v Menurunkan kadar kolesterol
v Menstabilkan gula darah
v Menenteramkan dan memberi efek penenang
v Membentuk gigi dan tulang yang kuat
v Menstimulasi kelenjar tiroid
v Mencegah sembelit

IKAN BERMINYAK
Ada beberapa macam ikan berminyak yang sangat bergizi, yaitu salmon, whitebait, tuna, makarel, kembung, dan sarden. Semua jenis ikan tersebut mengandung asam lemak Omega-3 yang bersifat melindungi tubuh.
Manfaat :
v Memperkuat sistem kekebalan tubuh
v Melindungi tubuh dari penyakit jantung
v Melindungi tubuh dari kanker
v Meredakan gejala radang sendi rematik
v Mengatasi kondisi radang kulit
v Melembabkan kulit kering
v Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

MINYAK ZAITUN
Minyak zaitun dikenal selama beribu-ribu tahun di berbagai kultur karena kandungannya yang menyehatkan dan manfaatnya yang serba guna dalam hidangan. Kadar vitamin E-nya yang tinggi menjadikan minyak zaitun sebagai senjata kuat melawan penyakit dan gejal penuaan.
Manfaat :
v Menlindungi sistem kekebalan tubuh
v Melawan radikal bebas
v Melindungi tubuh dari penyakit jantung
v Menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol
PAPRIKA / CABAI
Ada berbagai jenis paprika/cabai, diantaranya paprika/cabai merah, kuning, hijau, dan oranye. Semuanya mengandung kadar vitamin dan mineral penting yang tinggi serta merupakan antioksidan yang kuat dan penghasil energi.
Manfaat :
v Meningkatkan kekebalan tubuh
v Menghasilkan energi
v Membantu menghadapi stress
v Menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker

RUMPUT LAUT dan TUMBUHAN LAUT
Rumput laut dan tumbuhan laut merupakan jenis makanan yang mengandung banyak mineral penting, antara lain kalsium, besi, potasium (kalium), tembaga, seng, silikon, dan yodium.
Manfaat :
v Mendetoksifikasi sistem tubuh
v Membantu fungsi tiroid
v Melindungi sistem kekebalan tubuh
v Membantu fungsi jantung
v Membantu sistem saraf

BIJI – BIJIAN
Biji wijen, biji bunga matahari, dan biji labu merupakan sumber protein dan sumber asam lemak yang penting. Biji-bijian lain yang bermanfaat adalah biji rami dan biji psyllium yang memiliki efek pembersih usus yang hebat.
Manfaat :
v Mangurangi risiko penyakit jantung
v Membantu membentuk sel tubuh yang sehat
v Melindungi tubuh dari risiko kanker
v Meningkatkan kesehatan prostat
v Mendorong penyembuhan luka dan pertumbuhan tubuh
v Memperkuat sisitem kekebalan tubuh dan sisitem saraf
v Membersihkan sistem pencernaan
v Mencegah sembelit

KEDELAI dan TAHU
Kedelai adalah jenis kacang yang paling bergizi karena mengandung asam lemak esensial Omega-3, asam amino, phytoestrogen, protein, mineral, dan vitamin. Kedelai dapat digunakan dalam masakan serta dibuat tepung, susu, maupun tahu.
Manfaat :
v Menurunkan tekanan darah tinggi
v Menurunkan kadar kolesterol
v Melindungi tubuh dari risiko kanker yang berkaitan dengan hormon
v Menjadi sumber protein nabati
v Mengurangi gejal PMS dan menopause
v Mengatur kadar gula darah
v Menurunkan risiko penyakit jantung
v Mencegah sembelit

BAYAM
Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang paling bergizi. Bayam bermanfaat mencegah berbagai penyakit karena melindungi dan memperkuat tubuh melalui berbagai cara. Namun, bayam tidak boleh dimakan atau diminum sebagai sari buah setiap hari karena efek pembersihnya akan menjadi terlalu kuat. Selain itu, penderita batu ginjal atau kencing batu perlu menghindari bayam karena kendungan asam oksalatnya dapat memperburuk penyakit tersebut.
Manfaat :
v Menurunkan risiko kanker
v Memperkuat tulang, gigi, dan gusi
v Memperkuat sistem kekebalan tubuh
v Mencegah dan mengatasi kekurangan darah merah
v Mencegah dan mengatasi sembalit
v Menormalkan tekanan darah tinggi

TOMAT
Tomat sebenarnya adalah jenis buah, bukan sayuran. Tomat banyak digunakan dalam hidangan Mediterania, wilayah yang terkenal mempunyai angka penyakit jantung yang rendah. Tomat digunakan dalam banyak masakan karena merupakan salah satu bahan paling serbaguna di antara bahan masakan yang lain.
Manfaat :
v Mengencerkan darah
v Menurunkan risiko katarak, penyakit jantung, dan stroke
v Mengurangi risiko kanker, terutama kanker prostat
v Meningkatkan fungsi pencernaan
v Memperkuat sistem kekebalan tubuh
v Mengurangi gejala radang hati

SELADA AIR
Selada air bermanfaat besar bagi kesehatan, apalagi sayura ini hampir selalu dimakan mentah. Selada air mempunyai kadar vitamin dan mineral yang sangat tinggi serta merupakan bahan pendetoks yang sempurna dan pembangunan kekebalan tubuh yang lengkap.
Manfaat :
v Bahan pendetoks yang kuat
v Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
v Melindungi tubuh dari risiko jantung, stroke, dan berbagai jenis kanker
v Meningkatkan kesehatan tulang, gigi, otot, jantung, dan sistem saraf
v Meningkatkan energi
v Memperbaiki masalah dan kondisi kulit
v Mengatasi masalah batu ginjal dan kencing batu

SINGKONG dan UBI
Singkong dan ubi memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Kedua sayuran akar ini merupakan bahan pendetoks yang sempurna, terutama untuk membuang logam-logam berat dari dalam tubuh. Keduanya juga dapat melepaskan karbohidrat secar perlahan ke dalam sistem tubuh sehingga mampu memberikan energi tanpa menyebabkan gangguan suasana hati atau kecanduan makanan, seperti yang sering terjadi bila kita mengonsumsi makanan karbohidrat sederhana, misalnya pasta atau roti.
Manfaat :
v Menyediakan energi
v Mencegah tubuh kekurangan darah merah
v Membantu pencernaan
v Melindungi kekebalan tubuh
v Mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan stroke
v Membantu meredakan gejala menopause dan pramenstruasi

YOGHURT
Yoghurt adalah sumber protein yang sempurna dan zat pembunuh kuman yang alami dan mudah dicerna. Yoghurt bermanfaat untuk kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya belilah yoghurt yang segar.
Manfaat :
v Melindungi kesehatan usus
v Membantu menjaga keseimbangan kembali bakteri yang ramah setelah pemakaian antibiotik
v Mengurangi kerentaan tubuh dan mempercepat penyembuhan dari diare dan radang lambung serta radang usus
v Mengurangi risiko osteoporosis
v Mengurangi risiko Candida
v Melindungi tubuh dari infeksi bakteri
v Menurunkan kadar kolesterol
avatar
hilmanelric
Moderator Games

Jumlah posting : 471
Points : 490
Join date : 26.07.09
Age : 24
Lokasi : Tangerang - Sukabumi PP

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  ghe ghe on Thu Jul 30, 2009 1:34 am

waah repost
tp g ap nais inpo

gw suka makan paling pir and apel juga woertel yg lain kaga jd gmn y?

eh ngomong" ane kahiji tau cheers cheers
avatar
ghe ghe
Kutang Zelphy
Kutang Zelphy

Jumlah posting : 364
Points : 390
Join date : 26.07.09
Age : 25
Lokasi : BDG

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  sst on Thu Jul 30, 2009 1:38 am

males bacanya ni.....
yang penting kadua lah!
avatar
sst
Moderator hijau daun
Moderator hijau daun

Jumlah posting : 330
Points : 366
Join date : 26.07.09
Age : 24
Lokasi : dimana2

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  bloem on Thu Jul 30, 2009 1:41 am

nice inpoh cil!!!
kayanya yg ngepos g suka makan sayur n buah-buahan tuh!!!
hehehhee cheers
avatar
bloem
labil
labil

Jumlah posting : 123
Points : 124
Join date : 27.07.09
Age : 24
Lokasi : warung padang

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  lacisewu on Thu Jul 30, 2009 1:45 am

nice inpo!!

btw... blackberry gak enak tau... BAHAYA lagi!!
ktnya ada orang makan blackberry mati??
ckckckc
parahhhhh!

nih picknya blackberry pembunuh itu!
Spoiler:
avatar
lacisewu
Kutang Zelphy
Kutang Zelphy

Jumlah posting : 386
Points : 410
Join date : 26.07.09
Age : 24
Lokasi : JKT-BJM

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  hilmanelric on Thu Jul 30, 2009 1:47 am

bloem wrote:nice inpoh cil!!!
kayanya yg ngepos g suka makan sayur n buah-buahan tuh!!!
hehehhee cheers

yoi cil!
gw cuma suka bayam sama kangkung
tapi kalo buah gw suka banyak kok
avatar
hilmanelric
Moderator Games

Jumlah posting : 471
Points : 490
Join date : 26.07.09
Age : 24
Lokasi : Tangerang - Sukabumi PP

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  bloem on Thu Jul 30, 2009 1:52 am

hilmanelric wrote:
bloem wrote:nice inpoh cil!!!
kayanya yg ngepos g suka makan sayur n buah-buahan tuh!!!
hehehhee cheers

yoi cil!
gw cuma suka bayam sama kangkung
tapi kalo buah gw suka banyak kok


wah, yang bener ni cil?
perasaan sukanya makan daging doang.
kan karnivor.
wehehhe
avatar
bloem
labil
labil

Jumlah posting : 123
Points : 124
Join date : 27.07.09
Age : 24
Lokasi : warung padang

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  sst on Thu Jul 30, 2009 1:55 am

lacisewu wrote:nice inpo!!

btw... blackberry gak enak tau... BAHAYA lagi!!
ktnya ada orang makan blackberry mati??
ckckckc
parahhhhh!

nih picknya blackberry pembunuh itu!
Spoiler:

fu*king joke...
SH**T
NORAk bet da gw ah......
avatar
sst
Moderator hijau daun
Moderator hijau daun

Jumlah posting : 330
Points : 366
Join date : 26.07.09
Age : 24
Lokasi : dimana2

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  silent-kid on Thu Jul 30, 2009 2:01 am

ini si juLpa....

ngomong nya dah ga bener ni...

.....

mending tu mkanan di usulin ke kantin aja.....
jadi in menu ....
pasti anak2 rajin ke kantin....
avatar
silent-kid
Moderator Sharing
Moderator Sharing

Jumlah posting : 125
Points : 135
Join date : 26.07.09
Age : 25
Lokasi : Bumi

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  sst on Thu Jul 30, 2009 2:07 am

silent-kid wrote:ini si juLpa....

ngomong nya dah ga bener ni...

.....

mending tu mkanan di usulin ke kantin aja.....
jadi in menu ....
pasti anak2 rajin ke kantin....

sorry is!
kan udh gw sensor!
hhahahah

iya is gw setuju ma lo!
ajuin ke kantin ae
avatar
sst
Moderator hijau daun
Moderator hijau daun

Jumlah posting : 330
Points : 366
Join date : 26.07.09
Age : 24
Lokasi : dimana2

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  edwart tullen on Sun Aug 02, 2009 8:53 pm

tapi koki kantin norak, ntar bingung lagi masaknya harus di apain.
wkwkwk, alkausar kan ga modal, ga mau nyewa koki jago gara gara mahal.

What a Face What a Face What a Face
avatar
edwart tullen
labil
labil

Jumlah posting : 67
Points : 71
Join date : 27.07.09
Age : 84
Lokasi : ruang ganti cewe

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  hilmanelric on Sun Aug 02, 2009 8:55 pm

edwart tullen wrote:tapi koki kantin norak, ntar bingung lagi masaknya harus di apain.
wkwkwk, alkausar kan ga modal, ga mau nyewa koki jago gara gara mahal.

What a Face What a Face What a Face
yoi
mana ada makanan di alka yg enak
seumur2 hampir ga pernah
avatar
hilmanelric
Moderator Games

Jumlah posting : 471
Points : 490
Join date : 26.07.09
Age : 24
Lokasi : Tangerang - Sukabumi PP

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

setuju

Post  isabeha swan on Sun Aug 02, 2009 8:57 pm

makanan emang pada enak!
tapi di alka?
mana ada!
ngarep bener!!!!!!!!!!!!!!!!!!
avatar
isabeha swan
Bocil
Bocil

Jumlah posting : 30
Points : 32
Join date : 29.07.09
Lokasi : forks

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  dhellpa on Fri Aug 07, 2009 8:30 pm

itu buat sehat ato buat gemuk cil? pengen gemuk hehehe
avatar
dhellpa
labil
labil

Jumlah posting : 72
Points : 75
Join date : 02.08.09
Age : 24
Lokasi : jakarta sukabumi

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  hilmanelric on Sun Aug 09, 2009 1:23 am

dhellpa wrote:itu buat sehat ato buat gemuk cil? pengen gemuk hehehe

kalo pgn gemuk ngemil aja yg banyak
(pengalaman pribadi)
avatar
hilmanelric
Moderator Games

Jumlah posting : 471
Points : 490
Join date : 26.07.09
Age : 24
Lokasi : Tangerang - Sukabumi PP

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 25 MAKANAN BERGIZI SUPER

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik